Android Scripting with Python

Bismilah...
Assalamualaikum Wr Wb...

Android Scripting (sl4a) Memungkinkan kita menjalankan program yang di tulis dengan bahasa program. Misal python. ruby, perl, php, dll. Dalam artikel ini saya akan mencoba berbagi dengan Android Scripting Python (sl4a and python2.6.2).

Android Scripting with Python by upicos http://upicos.blogspot.com/
Install sl4a (Scripting Language for Android)
  • Download sl4a_r6.apk.
  • Install apk manual seperti biasa.
Install sl4a
pemasangan sl4a_r6
setelah install sl4a, sekarang buka sl4a. interpreter yang tersedia baru Shell. untuk melihat interpreter  (Menu > View > Interpreter). jadi kita hanya bisa menjalankan baris code yang ditulis dengan sintax shell. untuk bisa menjalankan baris code dengan sintax yang ditulis dengan bahasa pemograman python, maka perlu ditambahkan interpreter python. untuk menambah interpreter, pada daftar interpreter (Menu > Add > Python 2.6.2). ini memerlukan koneksi internet untuk mendownload arsip python. atau bisa langsung mendownload PythonForAndroid-r7b1.apk dan langsung memasangnya, maka otomatis interpreter python telah ada di daftar interpreter sl4a.
sl4a Interpreters
Daftar Interpreter sl4a
Sekarang mari kita coba interpreter python (Tap pada python) maka akan muncul terminal python. dan coba ketikan (print "Halo upicos").
Python terminal
Ok siap, sekarang kita bisa menulis baris code python. untuk membuat script baru, pada sl4a (Menu > Add > Python 2.6.2) maka akan muncul halaman untuk menulis code. sekarang coba tuliskan seberti erikut:
python code write
Sekarang simpan (Menu > Save & Exit).
buka script tadi dengan tab pada script dan pilih gambar terminal (Jalankan lewat terminal).
file script menu
Hasilnya akan muncul sebuah kotak dialog yang meminta kita untuk memasukan string dengan pesan menanyakan siapa nama, seperti ini:
Hasil 1
Masukan nama dan klik ok.
Hasil 2

pada python_scripts_r8.zip ada beberapa contoh script. download contoh script python_scripts_r8.zip dan extract filenya pada default folder script sl4a yang berada di /sdcard/sl4a/scripts/. setelah selesai extract buka kembali sl4a dan silahkan coba contoh-contoh scriptnya.
Daftar script
ada juga beberapa interpreter seperti perl, ruby, php, dll yang bisa anda tambahkan pada sl4a. untuk melihat arsip-arsip atau tutorial sl4a silahkan pergi ke Android Scripting GoogleCode.
sl4a, install sl4a, python, python sl4a, android scripting, Scripting Layer for Android brings scripting languages to Android, sl4a python, android sl4a, UpicoS

No comments :

Post a Comment